Pembelajaran 3 Tema 5 Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan

Pembelajaran 3 Tema 5 Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan

Kebanggaan kita terhadap pahlawan bisa diwujudkan dengan meneladani sikap-sikap kepahlawanan. Salah satunya adalah menolong orang lain.

Edo sedang bermain sepak bola di lapangan. Tiba-tiba Edo terjatuh. Akibatnya, kaki Edo memar. Edo berteriak kesakitan. Lani yang mengetahui kejadian itu segera menghampiri Edo dan langsung menolongnya. Lani mengobati luka memar pada kaki Edo.
a. Apa yang terjadi pada Edo? Edo terjatuh saat bermain sepak bola di lapangan.

b. Apa yang dilakukan Lani terhadap Edo? Lani menolong mengobati kaki Edo.

c. Apakah sikap Lani sudah mencerminkan sikap kepahlawanan? Jelaskan! Salah satu sikap kepahlawanan adalah dengan menolong orang lain yang sedang mengalami musibah.

Seorang pahlawan mempunyai kewajiban untuk menolong orang lain yang sedang membutuhkan. Lani meniru sikap kepahlawanan, yaitu menolong orang lain yang sangat membutuhkan bantuan. Lani mengobati Edo yang sedang luka memar. Bagaimana ciri-ciri luka memar?

Memar adalah cedera yang disebabkan oleh benturan atau pukulan pada kulit. Ciri-ciri luka memar adalah sebagai berikut.
  1. Jaringan di bawah permukaan kulit rusak dan pembuluh darah kecil pecah, sehingga darah dan cairan seluler merembes ke jaringan sekitarnya.
  2. Memar ini menimbulkan daerah kebiru-biruan atau kehitaman pada kulit. 
  3. Bila terjadi pendarahan yang cukup, timbulnya pendarahan didaerah yang terbatas disebut hermatoma. 
  4. Nyeri pada memar biasanya ringan sampai sedang dan pembengkakan yang menyertai sedang sampai berat.

Adapun memar yang mungkin terjadi pada daerah kepala, bahu, siku, tangan, dada, perut dan kaki. Benturan yang keras pada kepala dapat mengakibatkan memar dan memungkinkan luka sayat. Tahapan mengobati luka memar
  1. Kompres bagian yang memar dengan menggunakan air dingin.
  2. Jika terjadi pendarahan pada luka, kompres dengan air hangat dulu selama 15-20 menit. Tujuannya supaya pembuluh darah melebar dan darah lancar sehingga proses penyembuhan lebih cepat.
  3. Setiap tiga jam sekali, ulangi pengompresan denganmenggunakan kain bersih yang dicelupkan ke air dingin dan air hangat secara bergantian.

Sekarang, Ceritakan pengalamanmu melakukan pengobatan terhadap memar dalam bentuk tulisan. Hal-hal yang harus kamu tulis adalah ciri-ciri, cara pengobatan, dan nilai-nilai yang dikembangkan. Membantu teman yang terluka adalah cerminan sikap kepahlawanan.

Mengobati Luka Memar
Edo sedang bermain sepak bola di lapangan. Tiba-tiba Edo terjatuh. Akibatnya, kaki Edo memar. Memar adalah cedera yang disebabkan oleh benturan atau pukulan pada kulit. Ciri-ciri luka memar adalah sebagai berikut.
  1. Jaringan di bawah permukaan kulit rusak dan pembuluh darah kecil pecah, sehingga darah dan cairan seluler merembes ke jaringan sekitarnya. 
  2. Memar ini menimbulkan daerah kebiru-biruan atau kehitaman pada kulit. 
  3. Bila terjadi pendarahan yang cukup, timbulnya pendarahan didaerah yang terbatas disebut hermatoma. 
  4. Nyeri pada memar biasanya ringan sampai sedang dan pembengkakan yang menyertai sedang sampai berat.

Edo berteriak kesakitan. Lani yang mengetahui kejadian itu segera menghampiri Edo dan langsung menolongnya. Tahapan mengobati luka memar yang dilakukan Lani antara lain sebagai berikut.
  1. Kompres bagian yang memar dengan menggunakan air dingin.
  2. Jika terjadi pendarahan pada luka, kompres dengan air hangat dulu selama 15-20 menit. Tujuannya supaya pembuluh darah melebar dan darah lancar sehingga proses penyembuhan lebih cepat.
  3. Setiap tiga jam sekali, ulangi pengompresan dengan menggunakan kain bersih yang dicelupkan ke air dingin dan air hangat secara bergantian.
Seorang pahlawan mempunyai kewajiban untuk menolong orang lain yang sedang membutuhkan. Lani meniru sikap kepahlawanan, yaitu menolong orang lain yang sangat membutuhkan bantuan dengan cara mengobati luka Edo.

Berdasarkan bahan bacaan pada halaman berikut tentang Raja Purnawarman, jawablah pertanyaan berikut. Apa yang dilakukan oleh Raja Balaputradewa?

Dari semua perjuangan yang telah dilakukannya, setujukah kamu, apabila Raja Balaputradewa dikatakan sebagai pahlawan? Jelaskan!Sangat setuju, bahwa Raja Balaputradewa adalah pahlawan bagi rakyatnya karena beliau telah berani dan pantang menyerah berjuang untuk rakyatnya sehingga rakyatnya hidup aman dan sejahtera. Kerajaan Sriwijaya juga mencapai puncak kejayaana dibawah kepemimpinan Balaputradewa.

Raja Balaputradewa dari Dinasti Syailendra adalah seorang raja terkenal Kerajaan Sriwijaya yang mencapai puncak kejayaan sekitar ke-8 dan 9M. Semasa pemerintahannya Balaputradewa merupakan raja yang cakap dalam memerintah dan berhasil menjadikan kerajaan Sriwijaya menjadi kerajaan yang besar. Berita tertua tentang kerajaan Sriwijaya berasal dari seorang musafir Cina bernama I-tsing (671M). Berita lain berasal dari tahunb 683M dengan ditemukannya prasasti kedukan bukit di bukit segunting dekat palembang.

Pada akhir abad ke-8, Kerajaan Sriwijaya telah berhasil menguasai seluruh jalur perdangangan di Asia Tenggara, baik melalaui Selat Sunda maupun Selat Malaka, Selat Karimata dan Tanah Genting Kra. Dengan wilayah kekuasaan itu, Kerajaan Sriwijaya menjadi Kerajaan Laut terbesar di Asia Tenggara. Selain itu di Sriwijaya juga terdapat seorang guru besar agama Budha yang bernama Dharmapala dan Sakyakirti. Hal itu membuktikan bahwa kehidupan sosial masyarakat kerajaan sudah tinggi dan kehidupan sosial pun akan mempengaruhi perkembangan kerajaan Sriwijaya.

Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Raja Balaputradewa?
  1. Membangun armada laut yang kuat
  2. Pada masa pemerintahan Balaputra Dewa, Sriwijaya mengalami masa kejayaannya.
  3. Raja Balaputra Dewa dengan bantuan Raja Dewapaladewa di Pali telah mendirikan Vihara di Nalanda (India) bagi pelajar-pelajar Nusantara yang belajar agama Budha di Nalanda
  4. Perkembangan pelayaran dan perdagangan di Selat Malaka semakin pesat. Sikap yang dimiliki nya berani, tegas dalam memimpin
Pantang menyerah adalah merupakan sikap yang perlu diteladani dari seorang pahlawan. Kamu juga dapat menerapkan sikap tersebut dalam pembelajaran, misalnya ketika melakukan percobaan. Kamu sudah pernah melakukan percobaan tentang cahaya. Masih ingatkah kamu tentang sifat cahaya?

Membuat Cakram Warna
Kamu bisa membuktikan bahwa cahaya putih matahari terdiri atas tujuh warna dengan membuat cakram warna dari kertas berbentuk lingkaran, warnai kertas sesuai dengan tujuh warna pelangi.

Putarlah kertas tersebut dengan kecepatan tinggi. Perhatikan warna yang tampak saat kertas berputar kencang.

Cobalah beberapa variasi besar juring lingkaran pada setiap warna. Amati hasilnya, variasi manakah yang menghasilkan warna putih paling jelas?

Tulislah laporan percobaanmu pada tabel berikut!
Nama percobaan:Percobaan Cakram Warna
Tujuan percobaan:Membuktikan bahwa cahaya matahari terdiri dari tujuh warna
Alat-alat yang dibutuhkan:Pensil, Kertas putih berbentuk lingkaran, dan Pensil warna.
Langkah kerja:
  1. Buatlah lingkaran pada karton putih dengan jari-jari 10 cm!
  2. Bagilah lingkaran tersebut dengan 7 bagian yang sama besar!
  3. Warnailah  masing-masing bagian sesuai dengan warna spektrum cahaya secara berturut-turut dengan menggunakan pensil warna!
  4. Buatlah 2 buah lubang yang jaraknya 1 cm sebelah kanan dari titik pusat dan 1 cm sebelah kiri dari titik pusat!
  5. Guntinglah lingkaran tersebut!
  6. Masukkan benang kasur melewati dua lubang tersebut!
  7. Coba putarkan cakram warna tersebut dengan cara menarik an mengendurkan tali!
  8. Amati warna cakram ketika sedang berputar! 
KesimpulanDari hasil percobaan membuktikan kalau gabungan dari beberapa warna bisa menyusun warna putih. Seperti pada cahaya matahari yang kita lihat berwarna putih, sebenarnya tersusun atas banyak cahaya berwarna.

Silahkan Tulis Komentar Anda