Pembelajaran 3 Tema 5 Subtema 2 Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya

Pembelajaran 3 Tema 5 Subtema 2 Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya

Dari dulu bangsa kita selalu menjadi incaran bangsa lain karena kekayaan alam kita. Berarti negara kita sedari dulu sudah melakukan hubungan perdagangan dengan bangsa lain. Negeri kita kaya dengan hasil pertaniannya seperti rempah-rempah. Negara lain berdatangan ke negeri kita untuk membeli rempah-rempah itu. Mereka membawa beraneka ragam barang dagangan seperti keramik, kain sutera, dan bahan makanan lainnya. Berarti sedari dulu bangsa kita sudah melakukan ekspor impor barang.

Bersama dengan teman sebangkumu, jelaskan persamaan dan perbedaan kegiatan ekonomi pada gambar tersebut. Lalu ceritakanlah hasil diskusimu di depan kelas!
PersamaanPerbedaan
Kegiatan perdagangan dilakukan antara bangsa indonesia dengan bangsa yang lain.

Terjadi pertukaran berbagai jenis komoditas
Kegiatan perdagangan pada masa penjajahan dimonopoli oleh penajajah

Pada jaman dahulu sistem perdagangan masih menggunakan barter

Pariwisata Tingkatkan Ekspor Kerajinan Bali
Sektor pariwisata yang berkembang pesat di Bali sekaligus mampu meningkatkan pertumbuhan perdagangan aneka barang kerajinan sebagai cendera mata. Hal ini dapat diketahui dari meningkatkan kegiatan ekspor nonmigas Pulau Dewata termasuk kerajinan dari Bali ke Rusia yang tetap bergairah sebagai dampak positif dari perkembangan dunia pariwisata yang makin banyak kedatangan turis asing, termasuk dari Rusia yang berlibur ke Pulau Dewata.

Data dari Dinas Pariwisata ProvinsiBali mencatat turis Rusia yang datang langsung dari negaranya ke Bali selama bulan Januari hingga September 2013 mengalami kenaikan sebesar 18 hingga 19 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Hal ini menjadi bukti bahwa kedatangan turis Rusia ke Bali menjadi salah satu sebab perdagangan antarkedua negara cukup menggembirakan. Dari Rusia justru terjadi kenaikan dengan bertambahnya realisasi perdagangan aneka barang kerajinan Bali.

Dengan menggunakan bacaan di atas, tulislah kata-kata sulit yang kamu temukan. Lalu, carilah artinya dengan menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia. Tulislah hasil temuanmu pada tabel di bawah ini!
No.Kata SulitArti
1.Cenderamatapemberian (sebagai kenang- kenangan, sebagai pertanda ingat, dan sebagainya); tanda mata; 
2.Periodekurun waktu; lingkaran waktu (masa): 
3.Nonmigasbarang produksi yang tidak tergolong gas dan bumi
4.Provinsiwilayah atau daerah yang dikepalai oleh gubernur
5.Realisasiproses menjadikan nyata; perwujudan
6.Sektorlingkungan suatu usaha
7.Turispelancong; wisatawan;
8.Perdaganganperihal dagang; urusan dagang; perniagaan
Jawablah pertanyaan berikut ini!
  1. Termasuk dalam komoditas apakah sektor pariwisata di Bali? Nonmigas
  2. Komoditas apakah yang diekspor dari bali? Cinderamata/ kerajinan
  3. Apakah penyebab meningkatnya realisasi perdagangan antara rusia dan indonesia? Karena turis Rusia yang datang langsung dari negaranya ke Bali selama bulan Januari hingga September 2013 mengalami kenaikan sebesar 18 hingga 19 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.
  4. Apakah kesimpulan dari bacaan di atas? Sektor pariwisata di Bali berkembang pesat
Ayo Lakukan
  1. Bersama dengan teman sekelompok, buatlah sebuah iklan radio untuk memengaruhi orang untuk datang ke tempat pariwisata di daerahmu!
  2. Diskusikanlah dengan teman-temanmu, dan carilah informasi tentang apa saja yang diperlukan untuk membuat iklan radio.
  3. Buatlah skenario percakapan atau narasimu.
  4. Siapkan suara-suara pengisi yang diperlukan untuk memperkaya iklanmu.
  5. Pilihlah lagu yang menarik dan sesuai dengan tema iklanmu.
  6. Tampilkanlah iklan radiomu di hadapan teman-temanmu.
Contoh Dialog
Penyiar 1Yah, Helm saya jatuh lagi. Waduh ! retak juga, padahal baru
kemarin saya beli.
Penyiar 2Makanya kalau beli helm yang tahan banting, dong !. Mau dibanting
berapa kali juga tidak bakalan retak.
Penyiar 1Ah, Serius! Helm merk apa yang tahan banting ?
Penyiar 2Nih, helm "SASTRO"
Penyiar 1Wow, bagus banget, Nih ! Tapi terjangkau harganya kan?
Penyiar 2Terjangkaulah. Helm ini produksi dalam negeri lagi.
Penyiar 1Di mana bisa mendapatkan helm tersebut. Mau mencoba ah...
Penyiar 2Gampang, hampir semua toko menyediakan helm"SASTRO"
Penyiar 1Oke kalau begitu, Saya mau langsung beli. Terima kasih.

Ayo Membaca
Negara yang Berbudaya
Negara Indonesia dengan segala keunikannya memang berbeda dengan negara-negara lainnya. Keberagaman kehidupan sosialnya memengaruhi keberagaman budayanya. Keberagaman inilah yang tidak dimiliki oleh bangsa lain. Kita sebagai warga negara Indonesia harus bersyukur dengan keberagaman sosial dan budaya bangsa ini!

Berbagai cara dilakukan untuk menunjukkan sikap bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Salah satunya adalah rasa syukur atas keberagaman budaya bangsa Indonesia. Di sekolah, para siswa saling menghargai dan menghormati kebebasan beragama, karena adanya keragaman keyakinan di sekolah. Di desa-desa, masyarakat terbiasa saling membantu ketika ada anggota masyarakat yang merayakan hari besar keagamaannya. Demikian juga dengan kehidupan masyarakat di perkotaan. Mereka tetap menunjukkan sikap saling menghormati dengan sepenuh hati. Setiap anggota masyarakat harus sadar dan bersemangat memelihara sikap saling menghormati dan menghargai kebebasan beragama.
Itulah salah satu ciri negara yang berbudaya!

Diskusikanlah dengan teman sekelompokmu tentang sikap dan kegiatan yang dapat kamu temui di sekolah dan lingkungan rumahmu. Karena hal ini menunjukkan sikap pengamalan Sila Pertama Pancasila dan menuliskannya di dalam tabel berikut!
Perilaku yang mencerminkan nilai Sila Pertama Pancasila di sekolahPerilaku yang mencerminkan nilai Sila Pertama Pancasila di masyarakat
Mengingatkan teman lain yang tidak berpuasa untuk tidak makan di depan teman yang sedang berpuasa pada bulan RamadhanIkut mengamankan gereja ketika perayaan Natal tiba
Berdoa sebelum belajar menurut agama yang dianut masing-masing siswaMembina kerja sama dan
tolong-menolong dengan pemeluk agama lain sesuai dengan
situasi dan kondisi di lingkungan masing-masing.
Tidakpilih kasih,tidak membanding-bandingkan si kaya dan si miskin.karen sang pencipta tidak pernah pilih kasihRukun dengan tetangga walau berbeda agama
Selalu menolong pada sesama temanSaling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan
agama dan kepercayaannya
Toleransi terhadap teman yang sedang melaksanakan ibadah sesuai agamanya masing-masing Menghormati yang sedang melaksanakan ibadah
Tidak membeda-bedakan teman berdasarkan agamanyaTidak memaksakan suatu agama pada orang lain
Keragaman budaya membuat bangsa menjadi unik dan masyarakatnya kuat. Dengan terbiasa menghormati keragaman, masyarakat tidak akan mudah dihasut. Kita dapat memperkirakan dengan tepat akar pangkat dua suatu bilangan. Oleh karena itu, kita dapat membandingkan akar pangkat dua suatu bilangan dengan bilangan yang lain. Perhatikan bilangan kuadrat di bawah ini!

Lihatlah pola yang menarik dari bilangan kuadrat 1 sampai dengan 81. Perhatikan angka-angka pada tempat satuan pada bilangan kuadrat tersebut yang hanya terdiri atas angka 1, 4, 5, 6, dan 9.

Kesimpulan
  1. Semua bilangan kuadrat hanya mempunyai angka satuan, yaitu 1, 4, 5, 6, 9, dan 0.
  2. Bilangan dengan angka satuan 2, 3, 7, dan 8 adalah bukan bilangan kuadrat.
Perhatikan contoh berikut!
1. Mana yang lebih besar, akar pangkat dua dari 196 atau 16?
Jawab
Bilangan 196 terletak antara 100 dan 400, dan lebih dekat ke 100. Satuannya 6, berarti akar pangkat dua dari 196 adalah 14. Jadi, 16 lebih besar dari akar pangkat dua dari 196.

2. Mana yang lebih besar, akar pangkat dua dari 625 atau 15?
Jawab
Bilangan 625 terletak antara 400 dan 900, dan lebih dekat ke 400. Satuannya 5, berarti akar pangkat dua dari 625 adalah 25. Jadi, akar pangkat 625 lebih besar dari 15.

Sekarang lakukanlah seperti contoh di atas, tetapi gunakanlah tanda = dan >!
1. √225 .< 23
2. √289< 25
3. √1.225 = 35
4. √1.444< 42
5. √2.116 > 34

Silahkan Tulis Komentar Anda