Pembelajaran 2 Tema 3 Subtema 2 Penemuan dan Manfaatnya

Pembelajaran 2 Tema 3 Subtema 2 Penemuan dan Manfaatnya

Tahukan kamu siapa yang menemukan origami? Origami merupakan sebuah seni lipat yang berasal dari Jepang. Bahan yang digunakan adalah kertas atau kain yang biasanya berbentuk persegi. Penemu Origami adalah Akira Yoshizawa yang berkebangsaan Jepang. Akira Yoshizawa lahir pada tanggal 14 Maret 1911 dan meninggal pada 14 Maret 2005 akibat sakit. Semasa hidupnya, Akira Yoshizawa telah membuat lebih dari 50 ribu buah mainan kertas atau origami dan sebagian ada yang diabadikan dalam bukunya. Sebuah seni yang sangat indah.

Ayo Amati
Amati hasil kerajinan tangan origami berikut.

Apakah Origami itu?
Kata origami berasal dari bahasa Jepang, dari kata oru yang berarti melipat dan kami berarti kertas. Penggabungan kata tersebut mengubah kata kami menjadi gami, sehingga bukan orikami tetapi origami, artinya sama yaitu melipat kertas.

Ayo Lakukan
Ambil selembar kertas origami warna apa saja. Apabila kertas origami tidak tersedia, guru dapat menyediakan kertas daur ulang (misalnya: majalah, koran, dll) yang telah dipotong dalam bentuk persegi. Ikuti instruksi berikut.

Tahukah Kamu?
Kertas origami berbentuk persegi yang memiliki ukuran sisi yang sama. Ukuran kertas origami beragam, di antaranya 12 cm x 12 cm dan 15 cm x 15 cm.

Gambarlah bangun datar yang kamu amati pada kegiatan origami tadi pada kertas bertitik berikut.

Ayo Bekerja Sama
Secara berkelompok yang terdiri atas 6 orang, ungkaplah misteri tentang sifat-sifat bangun-bangun berikut.

Perhatikan informasi dan gambar yang terdapat pada kelompok A, B, dan C. Kamu dapat menggunakan penggaris dan busur dalam melakukan investigasi.

Diskusikan hasil yang kamu peroleh secara berkelompok dan jawab pertanyaan berikut.
  1. Apakah kamu menemukan sifat yang sama?
  2. Jika tidak, periksa kembali apakah sifat-sifat tersebut benar.
  3. Bagaimana kamu memutuskan bentuk di kartu kelompok C yang mempunyai sifat yang sama dengan kartu kelompok A. Bangun yang memiliki semua sisi sama panjang dan besar sudut yang sama.
  4. Bentuk apa saja yang kamu temukan pada origami yang terdapat di awal pelajaran yang memiliki sifat yang sama dengan kartu kelompok A?
  5. Bentuk apa saja yang kamu temukan pada origami yang tidak memiliki sifat yang sama dengan kartu kelompok A.
  6. Bentuk apa lagi yang kamu bisa kelompokkan dengan gambar kelompok A. Jelaskan.
Tulis kesimpulanmu
Poligon beraturan adalah poligon yang memiliki panjang sisi yang sama dan besar sudut yang sama. Poligon tidak beraturan adalah poligon yang memiliki panjang sisi dan besar sudut tidak sama.
Paparkan hasil diskusimu di depan kelas secara berkelompok. Untuk kelompok yang mendengarkan hasil pemaparan dapat menulis daftar pertanyaan yang akan ditanyakan dan kemudian kepada kelompok yang mendapat giliran.

1. Perhatikan gambar berikut.

a. Bangun mana yang termasuk poligon beraturan? Jelaskan alasanmu. Bangun A, C, F, G, dan H karena bangun tersebut memiliki sisi yang sama panjang dan sudut yang sama besar.
b. Bangun mana yang tidak termasuk poligon beraturan. Bangun yang tidak termasuk poligon beraturan adalah B, D, dan E.

2. Perhatikan kembali bentuk yang kamu temukan pada origami tadi. Berilah tanda (B) pada bentuk yang beraturan dan beri tanda (T) untuk bentuk yang tidak beraturan menggunakan pensil.

Ayo Diskusikan
Perhatikan rambu-rambu lalu lintas berikut. Diskusikan secara berkelompok pertanyaan di bawahnya.

Buatlah kesimpulan berdasarkan hasil diskusi.
  1. Apakah kamu menemukan poligon pada rambu-rambu tersebut? Ya.
  2. Apa saja jenis poligon yang kamu temukan? Poligon beraturan dan poligon tidak beraturan.
  3. Apa arti dari rambu-rambu tersebut?
  4. Mengapa rambu-rambu tersebut diciptakan? Rambu-rambu lalu lintas diciptakan untuk menciptakan ketertiban berlalu-lintas.
  5. Apa manfaat rambu-rambu lalu lintas?  Manfaat rambu-rambu lalu lintas antara lain : Sebagai peringatan (kuning), Sebagai  petunjuk (hijau), Sebagai  perintah (biru), Sebagai larangan (merah)
  6. Apa dampaknya ketika antara rambu-rambu tersebut dilanggar? Kaitkan jawabanmu dengan penerapan hak, kewajiban, dan tanggung jawab kamu sebagai warga negara? Ketika rambu-rambu lalu lintas tersebut dilanggar maka akan membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan yang lainnya. Sebagai pengguna jalan berkewajiban mematuhi rambu-rambu lalu lintas (kewajiban), sehingga lalu lintas di jalan raya berjalan dengan lancar (hak). Setiap pengguna jalan bertanggung jawab terhadap keselamatan pengguna jalan lainnya.
Ayo Amati
Amati alat musik berikut dan baca teks di bawahnya.
SEJARAH SULING
Suling adalah salah satu alat musik tiup yang dimainkan di berbagai negara di dunia. Dengan cara kerja yang sama, alat musik ini memiliki nama yang berbeda di berbagai negara. Suling, Seruling, Flute (Eropa), Fie (Jepang), Bangdi, Qudi, Xindi, Dadi (Cina), atau Bansuri (India, Pakistan, Bangladesh).

Pada awal ditemukannya ribuan tahun yang lalu, suling terbuat dari tulang hewan yang diberi lubang. Pada masa itu suling digunakan untuk berburu dan dalam kegiatan ritual pemujaan.

Sejak abad ke 16 suling dikembangkan menjadi alat musik tiup modern, cikal bakal suling yang kita temui saat ini. Ketika itu, suling hanya dibuat dalam satu bagian, dan belum memiliki kunci nada. Sekitar tahun 1670 alat musik ini menjadi semakin populer dan mulai dibuat dalam tiga bagian dan memiliki kunci nada.

Salah satu tokoh yang terkait dengan alat musik tiup ini adalah Theobold Boehm, seorang peniup, pembuat suling dan komposer dari Jerman. Pada tahun 1832, ia mengembangkan mekanisme dan sistem penjarian pada suling sehingga lebih mudah untuk dimainkan. Mekanisme ini kemudian dikenal dengan nama Sistem Boehm.

Bermula dari tulang hewan, dalam perkembangannya, alat musik tiup ini lalu dibuat dari berbagai material, seperti gading, plastik, resin, dan logam. Di beberapa daerah di Indonesia suling bambu masih menjadi alat musik tiup yang dimainkan oleh kelompok pemusik tradisional. Alunan nada khas yang dihasilkan oleh bambu tetap menjadi ciri menarik yang membedakannya dengan suling modern. Menjadi tanggung jawab kita untuk ikut menjaga kelestarian alat musik tradisional, agar tidak tenggelam di balik perkembangan alat musik modern.

Diskusikan teks di atas dengan teman di sebelahmu dan tulis kesimpulan berdasarkan hasil diskusi.
Suling adalah alat musik tradisional yang terdapat di banyak negara. Alat musik ini banyak dimainkan karena pembuatannya juga cukup mudah dan bahan bakunya gampang ditemukan.
Ayo Lakukan
Perhatikan kembali teks lagu Mariam Tomong berikut.

Bersama dengan kelompokmu nyanyikan solmisasi lagu Mariam Tomo, perhatikan panjang pendek nada saat kamu menyanyikannya. Chord adalah kombinasi tiga nada atau lebih yang dibunyikan secara bersamaan. Chord C : terdiri dari nada 1, 3, 5 (do, mi, sol) yang dimainkan secara bersamaan. Chord F : 4, 6, i (fa, la, do). Chord G : 5, 7, 2 (Sol, si, re) (urutan nada dalam chord tidak mutlak, dapat dibolak balik)

Silahkan Tulis Komentar Anda